Command Prompt

Cara Menggunakan Perintah Dasar Command Prompt

Artikel ini akan menunjukkan bagaimana cara untuk menjalankan perintah seperti mengubah direktori, melihat isi direktori, menciptakan dan mengubah nama folder, menyalin, menghapus file dan folder, dan bagaimana untuk memulai aplikasi apapun dengan menggunakan Command Prompt. Selain itu, saya akan menunjukkan bagaimana menggunakan alat tersebut.

Bagaimana Menavigasi Antara Folder

Perintah pertama dari daftar adalah CD (Change Directory) . Perintah ini memungkinkan Anda untuk mengubah direktori saat ini (atau folder).

CD perintah \ membawa ke direktori.
Mari kita lihat cara kerjanya. Setelah buka Command Prompt, ketik cd \ dan tekan Enter. Anda akan melihat bahwa itu akan membawa ke direktori (dalam hal ini ke 'C:' drive).

CATATAN: Command Prompt tidak sensitif huruf, yang berarti bahwa perintah dapat diketik dengan huruf kapital, huruf kecil atau kombinasi dari mereka (sehingga cd, CD atau Cd semua akan bekerja dengan cara yang sama).

Gb 1

Sekarang anda di 'C:' drive. Jika perlu pergi ke folder tertentu dari drive ini cukup ketik directoryname CD. Nama-nama sub direktori dipisahkan oleh \. Misalnya ketika  mengakses folder System32 yang terletak di 'C:\Windows' cukup ketik cd windows \ system32 \, seperti gambar di bawah, dan kemudian tekan Enter.

 gb 2

Bila pergi ke satu folder up, gunakan cd .. perintah. Bila ingin kembali ke folder Windows. Ketik cd .. dan tekan Enter. Anda akan lihat bahwa direktori saat ini telah berubah menjadi 'C:\Windows' .

gb 3

Cara Mengakses Drive Tertentu

Untuk mengakses drive lain cukup ketik huruf drive diikuti oleh ':' . Misalnya, kita ingin mengubah drive dari 'C:' ke 'D:' . Silahkan anda mengetik d: dan kemudian menekan Enter.

gb 4

Untuk mengubah drive dan direktori pada saat yang sama, gunakan perintah cd diikuti dengan switch / d. Parameter yang digunakan untuk mengubah drive saat ini ke folder tertentu dari partisi lain. Misalnya, sekarang berada di 'D:' drive dan ingin kembali ke 'C:' drive langsung ke folder Windows. Ketik cd / d C: \ Windows dan tekan Enter, seperti yang pada gambar berikut.

gb 5

Catatan: Dengan mengetik huruf drive secara otomatis pindah ke lokasi terbaru di drive itu. Misalnya jika Anda berada di ‘d:’ drive dan ketik cd c: \ windows tidak ada yang terjadi. Tapi, jika mengetik 'c:' maka kerja akan berubah menjadi c: \ windows (dengan asumsi bahwa itu adalah direktori terakhir anda bekerja sama dalam c: drive).

Cara Lihat Isi Folder

Anda dapat melihat isi folder dengan menggunakan perintah sederhana yang disebut DIR . Untuk menguji, kita buat pada 'd:' drive folder bernama 7tutorials dengan beberapa file dan subfolder.

Lihat isi folder

Lihat isi folder

Terakhir kali direktori kerja adalah ‘c: \ Windows’. Kami akan pergi ke folder yang disebutkan di atas dengan menggunakan perintah cd / bb: \ 7tutorials. Untuk melihat isi folder kita akan mengetik DIR dan tekan Enter. Sebuah daftar file dan folder yang dikandung oleh itu ditampilkan, bersama dengan beberapa rincian tentang file-file dan folder (ukuran, tanggal dan waktu modifikasi terakhir).

gb 7

Cara Membuat Folder Baru

Anda dapat membuat direktori baru menggunakan mkdir (Make Directory) perintah. Sintaks perintah ini adalah mkdir nama direktori.

Katakanlah kita perlu membuat folder baru bernama 7tutorials_v1 yang akan ditempatkan di: folder d \ 7tutorials’. Kami akan ketik mkdir 7tutorials_v1 dan kemudian kita tekan Enter, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Membuat folder baru

Membuat folder baru

Untuk menguji jika berhasil, kita akan menggunakan lagi perintah dir. Folder yang baru dibuat muncul dalam daftar.

gb 9

Catatan: Jangan lupa bahwa semua perintah ini tergantung pada lokasi saat ini di Command Prompt. Jadi jika berada di 'C:' dan uji tipe mkdir, folder baru akan dibuat di ‘C:’ drive.

Cara lain untuk membuat direktori, yang tidak melibatkan berada di folder yang diinginkan, adalah dengan mengetikkan path lengkap folder. Misalnya, bekerja di 'D:' drive dan ingin membuat folder baru di 'C:' drive yang disebut other_stuff. Cukup ketik mkdir c: \ other_stuff dan kemudian tekan Enter.

gb 10

Bila perlu membuat folder dengan subfolder pada saat yang sama dapat menggunakan foldername mkdir \ perintah subfolder. Misalnya, jika kita ketik mkdir 7tutorials_tests \ beta \ test1 tiga folder akan dibuat: 7tutorials_tests, beta, test1, dalam struktur seperti pohon.

gb 11

Cara Rename File dan Folder

Untuk mengubah nama file dan folder yang Anda butuhkan untuk menggunakan (Rename) REN Perintah.

Untuk folder ketik ren foldername newname. Sebagai contoh jika kita ingin mengubah nama folder 7tutorials_v1 untuk 7tutorials_final kita ketik ren 7tutorials_v1 7tutorials_final dan kemudian tekan Enter.

gb 12

Untuk mengganti nama file, gunakan perintah yang sama, seperti ini: ren filename.extension newname.extension. Sebagai contoh, untuk mengubah nama file 7tutorials_picture.jpg untuk picture1.jpg kita harus menggunakan ren 7tutorials_picture.jpg picture1.jpg perintah.

 gb 13

Copy File dan Folder

The Copy perintah memungkinkan untuk menyalin file dari satu lokasi ke lokasi lain. Untuk menggunakan perintah ini harus mengetikkan copy lokasi \ filename.extension lokasi \ newname.extension.

Sebagai contoh, mari kita gunakan perintah ini untuk menyalin file picture1.jpg dari folder 7tutorials terletak di 'd:' ke 'd:\7tutorials\7tutorials_tests\ folder. Untuk membuat hal-hal lebih menarik kita ingin file yang akan bernama testing_picture1.gif. Kami akan menulis perintah copy d: \ 7tutorials \ picture1.jpg d: \ 7tutorials \ 7tutorials_tests \ testing_picture1.gif diikuti dengan Enter. Anda akan menerima konfirmasi operasi, seperti  di bawah ini.

gb 14

Jika Anda menyalin dalam direktori yang sama tidak harus meletakkan di perintah. Sebagai contoh, kita perlu menyalin notes.txt dari 'd:\7tutorials' dalam folder yang sama, hanya di bawah ekstensi yang berbeda, katakanlah Notes.doc. Kami hanya akan ketik perintah copy notes.txt Notes.doc.

gb 15

Untuk menyalin folder dan isinya dari lokasi ke yang lain kita akan menggunakan XCOPY perintah diikuti oleh / s / i operator. Mari kita asumsikan bahwa kita perlu menyalin folder dari 'd:\7tutorials' ke c:\backup_7tutorials . Kami harus mengetikkan xcopy / s / id: \ 7tutorials c: \ perintah backup_7tutorials dan kemudian tekan Enter. The '/s' parameter akan memastikan bahwa semua direktori dan sub direktori akan disalin. The '/i' parameter akan menciptakan sebuah direktori baru jika folder tujuan tidak ada dan menyalin beberapa file.

 gb 16

Hapus File dan Folder

The DEL (Delete) digunakan untuk menghapus file dalam direktori yang Anda buat.

Untuk menghapus semua file dari direktori harus mengetikkan nama direktori del. Mari kita coba perintah ini. Misalnya, dari 7tutorials direktori terletak di d: drive, kami akan menghapus semua file dari folder 7tutorials_tests dengan mengetikkan perintah del 7tutorials_tests. Anda perlu mengkonfirmasi proses menghapus dengan mengetik huruf y dan kemudian tekan Enter.

CATATAN: Untuk menghapus file tersembunyi harus menggunakan / parameter h.

gb 17

Jika kita perlu menghapus sebuah file yang akan kita gunakan perintah DEL diikuti dengan nama file. Kita perlu menghapus file dari notes.txt 'd:\7tutorials' . Kami akan mengetikkan perintah notes.txt del diikuti dengan Enter.

gb 18

Berikut adalah daftar kombinasi DEL :

  • DEL * DOC - menghapus semua file dengan ekstensi DOC (Anda dapat menggunakan ekstensi file yang diperlukan, DOC adalah contoh saya gunakan);
  • DEL Test * * - menghapus semua file yang dimulai dengan Test.;
  • DEL * * -. Menghapus SEMUA file dari direktori saat ini.

Perintah DEL tidak bisa digunakan untuk menghapus direktori, oleh karena itu kita akan menggunakan perintah lain untuk menghapus direktori kosong: RD (Direktori Hapus) . Sebelumnya kami telah menghapus semua file dari folder 7tutorials_tests. Saatnya untuk menghapusnya dengan mengetikkan 7tutorials_tests RD.

gb 19

Menjalankan Aplikasi dari Command Prompt

Untuk menjalankan program dari Command Prompt, hanya perlu untuk menavigasi ke direktori yang berisi executable dan cukup mengetik nama program. Sebagai contoh, jika kita ingin memulai Cat dengan Command Line, kita harus pergi ke C:\Windows\System32 dan di sana kita akan menemukan mspaint.exe. Mari kita lihat bagaimana operasi ini bisa dilakukan, jika kita berada di D:\7tutorials . Pertama-tama kita harus mengubah direktori kerja ke folder aplikasi dengan mengetikkan cd / dc: \ windows \ System32 \. Kemudian kita hanya menulis mspaint.exe dan tekan Enter. Kedua perintah dapat dilihat dalam penangkapan di bawah ini.

gb 20

Cara Menggunakan Bantuan pada Command Prompt

Untuk mengakses bantuan pada Command Prompt hanya perlu mengetikkan perintah help dan kemudian tekan Enter. Sebuah daftar dari semua perintah yang tersedia akan ditampilkan, seperti yang Anda lihat di bawah ini.

gb 21

Cara lain untuk melakukan hal yang sama adalah dengan mengetikkan command_name diikuti oleh parameter /?. Untuk menguji, gunakan help cd atau cd /? Untuk menampilkan informasi tentang perintah cd. Pada gambar di bawah Anda dapat melihat hasilnya.

gb 22

Apakah ini membantu anda sebagai pemula.....?

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s