Setup Proxy Server pada Windows

Server proxy adalah salah satu yang menerima permintaan ditujukan untuk server lain dan yang bertindak atas nama klien (sebagai proxy klien) untuk mendapatkan layanan yang diminta. Sebuah server proxy sering digunakan ketika klien dan server tidak cocok untuk koneksi langsung.

Sebagai contoh, klien mungkin tidak mampu memenuhi persyaratan keamanan otentikasi server tetapi mungkin diperlukan untuk mengakses beberapa layanan. Hal ini juga dapat digunakan untuk tujuan skrining untuk memungkinkan administrator untuk mengontrol akses ke situs yang tidak diinginkan.

Server proxy juga dapat digunakan untuk caching tujuan yang memungkinkan akses cepat ke situs-situs yang sering digunakan. Semua komputer yang terhubung ke akses LAN Internet melalui alamat IP tunggal yang menghasilkan keamanan yang membaik hanya karena jumlah port terkena berkurang.

Proxy server bekerja pada lapisan ketujuh (Lapisan Aplikasi) dari model OSI sehingga cenderung menjadi tergantung tidak seperti firewall yang bekerja pada lapisan bawah aplikasi. Mereka juga lebih sulit untuk menginstal dan mempertahankan dari firewall, sebagai fungsi proxy untuk setiap protokol aplikasi seperti HTTP, SMTP, atau SOCKS harus dikonfigurasi secara individual.

Namun, proxy server dikonfigurasi dengan benar meningkatkan keamanan jaringan dan kinerja. Karena proxy server berfungsi pada lapisan Aplikasi OSI, kemampuan mereka penyaringan relatif cerdas. Sebagai contoh, server web proxy dapat memeriksa URL (Uniform Resource Locator) dari permintaan keluar untuk halaman web dengan memeriksa HTTP GET dan POST pesan. Menggunakan fitur ini, administrator jaringan dapat membatasi akses ke domain ilegal tetapi memungkinkan akses ke situs lain. Firewall biasa, sebaliknya, tidak dapat melihat nama domain Web dalam pesan-pesan.

Demikian juga untuk lalu lintas data yang masuk, router biasa dapat menyaring berdasarkan nomor port atau alamat jaringan, tetapi server proxy juga dapat menyaring berdasarkan konten aplikasi dalam pesan. WinProxy Salah satu proxy server yang paling populer yang tersedia untuk sistem berbasis Windows adalah WinProxy. Salah satu alasan untuk popularitas adalah bahwa perangkat lunak tidak harus diinstal pada sistem klien.

Hal ini dimungkinkan karena WinProxy adalah server proxy transparan berarti bahwa hal itu juga menyediakan NAT (Network Address Translation). Karena sistem klien hampir tidak menyadari keberadaan dari server proxy. Terlepas dari caching biasa dan fitur keamanan juga mendukung protokol penting seperti HTTP, Real Audio / Video, Mail, FTP, NNTP Berita, Telnet, Socks, Secure Socket, DNS, IMAP 4, dll

WinProxy Server dapat diinstal dan dikonfigurasi sebagai berikut sebagai berikut:

  1. Menginstal protokol TCP / IP pada semua sistem yang terhubung ke jaringan.
  2. Jalankan Install Wizard. Layar pertama adalah layar registrasi produk yang mengharuskan anda untuk memasukkan kunci produk.
  3. Dua layar berikutnya memerlukan informasi tentang koneksi Internet anda. Pilih jenis koneksi dan nama koneksi Anda.
  4. Masukkan username dan password dari koneksi internet yang akan digunakan.
  5. WinProxy kemudian mengkonfigurasi alamat IP internal dan eksternal. Ini secara otomatis memberikan alamat unik untuk setiap perangkat pada LAN sebagai alamat internal. Alamat IP yang diberikan ke modem / router dengan ISP Anda adalah diambil sebagai alamat eksternal.
  6. WinProxy kemudian meminta Anda untuk memutuskan sambungan dari Internet jika Anda sudah terhubung.
  7. Pada langkah terakhir WinProxy bekerja melalui semua langkah dan memverifikasi bahwa semua operasi telah dilakukan dengan benar.

Apakah ini membantu anda sebagai pemula.....?

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s